Selasa, 08 Juli 2014

Hubungan Internasional


Hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut. Hubungan internasional merupakan hubungan antarnegara atau antarindividu dari negara yang berbeda - beda, baik berupa hubungan politis, budaya, ekonomi, ataupun hankam. 

Salah satu faktor utama penyebab terjadinya hubungan internasional adalah kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata. Hal tersebut mendorong terjadinya kerjasama antarnegara dan antarindividu yang tunduk pada hukum yang dianut oleh negaranya masing – masing.

 

Hubungan international merupakan satu gambaran persatuan yang kuat dan mengikat seluruh negara di dalam satu wadah. Relasi ini mempunyai ikatan yang kuat bagi setiap individual pemimpin dari berbagai mancanegara. Beberapa bentuk ikatan tersebut adalah Politik Internasional, Hukum Internasional, dan  Organisasi Internasional.

Hubungan internasional merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan di dunia, karena tidak ada suatu negara pun di dunia ini yang bisa hidup sendiri tanpa adanya ketergantungan terhadap negara lain. Dengan adanya hubungan internasional maka suatu negara dapat memenuhi kebutuhan negara dan warga negaranya yang belum bisa disediakan oleh negara tersebut. Tujuan dari hubungan internasional antara lain untuk memacu pertumbuhan ekonomi di setiap negara, menciptakan saling pengertian antarbangsa, menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar